oleh

Ini Ancaman Ketua KPK Untuk Para Koruptor

-Nasional-10 views

JAKARTA,LENSAINFORMASI.COM – Ketua KPK Firli Bahuri turut menanggapi pernyataan Jaksa Agung ST Burhanuddin terkait wacana hukuman mati kepada para koruptor.

Firli mengaku setuju dan mendukung wacana tersebut serta siap melakukan kajian terkait hukuman mati bagi para koruptor.

Aturan terkait hukuman mati tersebut telah tertuang dalam Pasal 2 Ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Menurutnya, harus ada syarat kebencanaan alam, keadaan krisis, atau penanggulangan tindak pidana korupsi dalam penerapan hukuman mati tersebut.

Selain hukuman mati, Firli juga menyatakan ancaman hukuman lain seperti menguras seluruh aset milik pelaku korupsi.

“Upaya tegas dan keras dengan penindakan juga dilakukan dengan pemindahan badan dan merampas seluruh aset para pelaku korupsi untuk menimbulkan orang takut melakukan korupsi,” ujarnya, seperti dikutip dari GenPI.co pada Senin (1/11/2021).

Lebih lanjut, Firli juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus gencar dalam melakukan pencegahan korupsi di tanah air.

Salah satunya, jelas Firli, dengan melakukan perubahan sistem supaya tidak ada peluang dan kesempatan untuk korupsi.

Sebelumnya, Jaksa Agung mengaku resah dengan sejumlah kasus, misalnya seperti korupsi di PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri.

Pasalnya, tindak pidana korupsi tersebut tidak hanya merugikan negara namun juga berdampak bagi masyarakat sipil dan prajurit TNI.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan Sanitiar kemungkinan akan menjatuhkan hukuman mati kepada para pelakunya.

Sehingga, Jaksa Agung saat ini tengah mengkaji kemungkinan penerapan hukuman mati tersebut guna memberikan rasa keadilan. (Ril/Idntimes.id)

  •  
  •  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed